Wednesday, October 22, 2008

Redefining "Best Friend"

Gue heran heran salut sama orang yang bisa punya banyak sahabat.
Kenapa?
Karena, dengan lo punya banyak sahabat, berarti lo bisa percaya pada banyak orang.

Ketika kita berteman dekat dengan seseorang, yang namanya trust adalah hal pertama yang dibutuhkan.

Bukan, bukan trust yang majalah buat bapak-bapak itu. Trust disini maksudnya adalah rasa saling percaya.

Sulit untuk bisa mempercayai orang sepenuhnya pada masa-masa sekarang ini, dimana loyalitas cukup dipertanyakan karena kebanyakan orang sekarang hidup dengan pola SDM (Selamatkan Diri Masing-masing). Gue heran heran salut sama orang yang bisa punya banyak sahabat. Let's say seseorang yang punya geng beranggotakan 20 orang dan dia bilang bahwa semuanya adalah sahabatnya, could it be?

I mean, dalam satu geng pun juga ngga semuanya bisa akrab banget gtu. Pasti yang deket banget cuma sekitar 1-3 orang.

Ketika seseorang bisa bilang bahwa dia punya lusinan sahabat, is he/she telling the truth or just faking it? Atau..akar permasalahannya adalah, dia ngga ngerti definisi sahabat yang sebenarnya?

Terkadang gue berpikir, untuk apa menggembor-gemborkan punya banyak sahabat ketika in reality lo tetap harus menangis sendirian di kamar? Apa fungsi sahabat pada saat itu? Bukankah sahabat adalah tempat berbagi?

Gue pribadi memiliki beberapa istilah khusus dalam kehidupan sosial gue.
Yang berperan menjadi kasta sudra adalah para kenalan.
Di atasnya ada temen-temen biasa.
Di atasnya lagi ada good friends.
Di atasnya lagi ada close friends.
Dan yang nomor satu adalah best friends.

Pola yang terbentuk adalah segitiga.
Semakin ke atas, semakin menyempit.
Semakin ke atas, semakin dikit orangnya.

Jujur, gue punya sahabat cuma sedikit. Sahabat gue cuma 5 orang; laki gue yang multifungsi itu, trus 1 cewe, 1 cowo, 1 tengkorak, 1 lagi doraemon. But despite the fact that they're all I have, I'm amazingly happy.
Gue menulis ini bukan karena gue ngiri sama yang punya sahabat banyak. Noooo, sama sekali ngga. I don't find the point for being jealous karena gue sudah bahagia dengan 5 makhluk sableng itu. Gue menulis ini hanya untuk mengungkapkan opini gue dan...well, mungkin menyadarkan apakah sahabat lo benar-benar sahabat atau mungkin kasta yang sesungguhnya cuma good friends?

"The Word Best Friend Become Redefined" as Chiodos says.

16 comments:

Anonymous said...

yeah! another nice post from Valeska! :D
honestly, jarang2 gw demen baca blog2 gitu..tapi gatau knapa ama blog lo ini gw interest bgt..hoho
ditunggu bgt nih postingan2 berikutnya,
g'luck ya! ;)

Anonymous said...

Bs dpt kata" & kalimat gtu drmn c???keren...

Anonymous said...

gue masuk kasta yang mana Val?

eh ya membaca dua komen sebelumnya kayaknya udah ada yg punya penggemar nih :)

Valeska said...

@angga
makasiiiihhhhh :))

@beha
lo close friends.
not bad dong? heheheh

penggemar? heyaaaaa kesannya kayak apaaa gtu hahahaha

promosikan blog gue ke temen2 lo juga dong beh.. mumpung gue belum nulis agenda akbar gue nih... ehhehehehe..

Anonymous said...

nice post, val. I kinda have the same opinion, hehe.

"Ketika seseorang bisa bilang bahwa dia punya lusinan sahabat, is he/she telling the truth or just faking it? Atau..akar permasalahannya adalah, dia ngga ngerti definisi sahabat yang sebenarnya?" -> kinda reminds me of someone I know. LOL

eh gw link blog lo yee

Valeska said...

@dhila

I hope that someone is not me.. hehehehe

gue link lo juga yaa

Nita Sudharto said...

Wah menarik, menarik. Yah.. tiap orang kan punya definisi yang berbeda tentang sahabat. Bisa jadi menurut dia seluruh orang yang bisa dia ajak hang out adalah sahabat. Dan orang yang bisa diajak hang out sm dia happens to be berjumlah 20 atau 30 orang. Yaaa dia bs bilang deh sahabatnya ada segitu.

Gw sendiri menilai sahabat itu bukan dari seberapa sering dan intensif kontak fisik itu dilakukan sama gw dan orang itu, tapi lebih ke arah hati gw "sreg"nya sama yang mana. Dan kalo diitung2.. ternyata jumlahnya gak jauh berbeda dari yang lo punya :)

Btw.. ikut outbond perfilma doong *promosi* hihi

Anonymous said...

gw msh bingung val ama definisi sahabat,, krn jujur klo skrg gw ditanya "sahabat lo sapa aja?",, gw ga tau musti jawab apa,,

mang mnurut lo yg bisa lo sebut sahabat itu yg kyk gmn val? klo org laen mngkin dgn gamapng nyebut si ini si itu sahabatnya,, klo gw ampe skrg bner2 ga punya jwbn klo ditanya itu,,

krn jujur,, i never & can't & maybe won't trust someone else but my parents,,

Anonymous said...

ada beberapa di artikel lo yg ingin memberi komentar.. hehehehe... gpp yah..?? ,pacar pun bisa jadi orang yg bisa nyakitin sampe paliiiiing dalem... dan pacar pun bisa ngebawa ke tempat yg tinggiiiiiii bgt.. bgitu pun sahabat yah ,klo prinsip gw ,gw lebih percaya sama TUHAN gw sama Keluarga gw.. ,kmungkinan mereka untuk nyakitin hati gw sangaat kecil..

Valeska said...

@nita
setuju. gue juga menilai seseorang itu sahabat gue atau bukan berdasarkan rasa klik yg ada di hati. klo misalnya klik itu ada, ya udah. hehehe. masalah rasa sih ya..
eh gue link lo boleh ya :D

@adlay
definisi sahabat buat gue? orang yg bisa gue telv tengah malem cuma untuk denger gue nangis, orang yg bisa gue ajak dinner di PIM hanya untuk dengerin gue curhat smp2 makanannya dingin, but on top of all those things, orang yg membuat gue merasa nyaman untuk spend time lama2 dan ada bunyi 'klik' kayak tutup botol gtu dlay di hati gue.
bacot abis yah gue? haha. ntar klo kita ktemu gue cerita panjang lebar deh.

@aqbaww
Tuhan bukan punya chance kecil untuk nyakitin lo tapi emang sama sekali ngga pernah nyakitin lo kali bang.. klo lo merasa disakiti, it's because God works in mysterious ways.. mungkin pada awalnya lo merasa disakiti but in the end pasti ada hikmah yg bisa lo ambil coz He knows what's best for you bang :)

Anonymous said...

pertama baca ini val..
yg langsung terlintas tuh siapa sih sahabat gua?
ternyata orang orang yang sering bilang gua "exist" lah "temennya" banyaklah,haha,kata orang loh..
sering banget ngerasa "sepi" you know what i meant right?
tp blog ini mengubah sedikit persepsi gua tentang arti best friend sesungguhnya..
gua ga butuh punya temen banyak atau kenalan banyak tapi gua cm butuh good friends
1 pertannyaan lagi val?gua masih sudra dong?naikin ke waisya dong,haha..

Anonymous said...

tentu saja bukan lo, hehe..

Anonymous said...

buat gw semua orang itu temen gw, tp bestfriend itu susah bgt didapet.. yah berbahagialah yang punya bf walopun cuma 1

Marco Septian said...

pemikiran gw sama kayak lo. hehe

Unknown said...

good thinking , val...

Unknown said...

yea.. good thinkin, val..